Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Sebagian lokasi candi Prambanan berada di Kabupaten Sleman dan sebagian di Kabupaten Klaten. Lokasi candi Prambanan mudah untuk ditemukan karena dekat dengan jalan raya Jogja-Solo, advice sehingga akses transportasi juga mudah dijangkau.

Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada pertengahan abad ke-9, stuff pada masa pemerintahan Raja Balitung Maha Sambu dari Wangsa Sanjaya. Meskipun belum bisa dipastikan tahun pendiriannya dan siapa yang memerintahkan pembuatannya, advice dugaan tersebut didasarkan pada prasasti Syiwagrha yang ditemukan di Prambanan. Kini prasasti tersebut disimpan di Museum Nasional di Jakarta.

Candi ini dibuat untuk memuja Trimutri, tiga dewa utama Hindu, yaitu Brahma, Wishnu dan Siwa. Namun berdasar denah candi, candi Siwa merupakan yang terbesar dengan tinggi 47 m, yang menunjukkan Siwa lebih diutamakan.

Di dekat candi Prambanan terdapat tempat untuk menggelar pertunjukan Sendratari Ramayana. Ada dua lokasi yaitu indoor dan outdoor. Dua lokasi ini menawarkan pengalaman yang berbeda bagi penikmat pertunjukkan seni.

Untuk menuju lokasi candi Prambanan bisa menggunakan transportasi pribadi ataupun umum. Dari arah Solo menuju ke barat (ke arah Yogyakarta) kurang lebih 53 km.

Sumber foto : wikipedia



Wisata

Listing Berkaitan

Tulis Review Anda

Sebelum menulis review, pastikan Anda membaca Kebijakan Komentar

Anda harus login untuk menulis review.

Tentang diSOLO.com

Anda mungkin pernah merasakan kesulitan saat mencari informasi tentang tempat makan atau mungkin bisnis di Solo. Untuk itulah diSOLO.com hadir untuk Anda.