Libur Lebaran di Solo, Berkeliling Kota dengan Gaya

Libur lebaran hampir tiba, sale saatnya pulang ke kota asal.

Ya, kita tinggal menunggu beberapa hari lagi dan kita akan menyambut hari Idul Fitri nan suci yang dirayakan oleh umat muslim sedunia. Setiap Negara memilikitradisi tersendiriuntuk menyambut datangnya hari yang fitri. Di Indonesia sendiri, tradisi yang tidak pernah dilupakan saat lebaran hampir tiba adalah tradisi mudik. Walaupun harus ditempuh melalui perjalanan yang sanagt jauh danmelelahkan, namun akan terasa sangat membahagiakan ketika dapat menginjakkan lagi di kampung halaman dan bertemu dengan keluarga besar.

Selain  berkumpul dengan keluarga,momen pulang kampung biasanya diisidengan berlibur ke tempat-tempat wisata di kampung halaman. Apabila Anda pulang kampung ke kota Solo, maka Anda dapat mengunjungi beragam tempat wisata dan tempat belanja di Solo. Selain berwisata, Anda juga dapat berkeliling menikmati keindahankota Solo dengan menggunakan transportasi umum yang dijamin berbeda dan istimewa. Diantara transportasi tersebut adalah Bus Tingkat Werkudara, Sepur Kluthuk Jaladara, andong, kereta kencana ataupun becak.

  • Bus Tingkat Werkudara

Salah satu angkutan umum di Solo bertahun-tahun lalu adalah bus tingkat DAMRI. Saat ini Pemkot Solo mengaktifkan kembali bus yang menjadi primadona untuk berkeliling kota Solo karena desain dan warnanya yang mencolok dan semakin mengingatkan akan masa lalu. Bus tingkat Wekudara hadir di hari Sabtu, Minggu dan hari libur dengan tarif terjangkau untuk berkeliling kota Solo.

  • Sepur Kluthuk Jaladara

Kota Solo adalah kota satu-satunya di Indonesia yang memiliki lintasan jalur kereta di tengah kota.Sepur Kluthuk Jaladara  adalah kereta uap yang menjadi pilihan dalam berkeliling kota Solo khususnya di jalur tengah kota. Anda dapat naik kereta ini dari Stasiun Purwosari dengan tujuan akhir Stasiun Solo Kota. Di antara jalur yang dilewati, kereta akan berhenti di beberapa titik sesuai dengan pesanan antara lain Loji Gandrung, Kampung Batik Kauman, dan Komplek Sriwedari.

  • Kereta Kencana

Kereta Kencana merupakan ide yang direalisasikan oleh Pemkot Solo sebagai slah satu transportasi wisata Solo. Pemkot menyiapkan empat buah kereta kencana yang diletakkan di beberapa hotel yakni Best Western, Paragon serta The Sunan. Apabila Anda ingin berkeliling kota Solo dengan menggunakan kereta kencana, Anda dapat menyewanya melalui hotel-hotel tersebut.

  • Andong

Andong mudah ditemukan di area Keraton Kasunanan Surakarta dan Stasiun Solo Balapan. Anda dapat menyewanya dengan harga yang cukup terjangkau

  • Becak

Becak sudah tidak dapat ditemukan lagi di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Jika Anda ingin bernostalgia, maka gunakan becak untuk berkeliling kota Solo.

Dengan beragamnya transportasi di Solo, Anda tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi saat berkeliling kota saat libur lebaran di Solo.

Blog , , ,

Komentar Anda

Sebelum menulis review, pastikan Anda membaca Kebijakan Komentar

Anda harus login untuk menulis review.

Tentang diSOLO.com

Anda mungkin pernah merasakan kesulitan saat mencari informasi tentang tempat makan atau mungkin bisnis di Solo. Untuk itulah diSOLO.com hadir untuk Anda.