Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Kuno Danar Hadi

Batik merupakan warisan budaya yang penting untuk dilestarikan. Bahkan UNESCO telah mengukuhkan batik sebagai warisan budaya dunia. Danar Hadi merupakan salah satu produsen batik yang terkenal di kota Surakarta. Selain memproduksi batik dan melakukan inovasi produk, Danar Hadi juga melestarikan budaya yang adiluhung ini dengan mendirikan sebuah museum, yaitu Museum Batik Kuno Danar Hadi.

Beragam corak, motif dan jenis kain batik dari seluruh nusantara menjadi koleksi Museum Batik Kuno Danar Hadi. Koleksinya bahkan mencapai 10000 helai kain batik, sehingga museum ini diakui oleh MURI (museum rekor indonesia) sebagai museum yang mempunyai koleksi kain batik terbanyak.

Dibuka pada tahun 2002 oleh wakil presiden Megawati Soekarnoputri, museum ini menyimpan berbagi corak dan motif kain batik beserta nilai-nilai sejarahnya. Kain batik belanda merupakan salah satu koleksi penting Museum Batik Kuno Danar Hadi. Kain ini dipengaruhi oleh ragam corak dan warna khas eropa, yang dibawa oleh orang-orang Eropa pada masa penjajahan belanda. Selain itu terdapat motif batik Djawa Hokokai. Jenis kain batik ini dipengaruhi oleh ragam corak dan warna khas jepang, di mana pada masa itu menjajah Indonesia. Perpaduan corak budaya ini menjadikan kain batik Djawa Hokokai semakin unik dan indah.

Museum Batik Kuno Danar Hadi, selain menjadi tempat menyimpan kain-kain yang tidak ternilai harganya, juga memberikan informasi sejarah dan budaya untuk semua pengunjung.

 

(sumber dan foto:http://museumbatikdanarhadi.blogspot.com/)

 



Wisata , , , , , ,

Listing Berkaitan

Tulis Review Anda

Sebelum menulis review, pastikan Anda membaca Kebijakan Komentar

Anda harus login untuk menulis review.

Tentang diSOLO.com

Anda mungkin pernah merasakan kesulitan saat mencari informasi tentang tempat makan atau mungkin bisnis di Solo. Untuk itulah diSOLO.com hadir untuk Anda.