Pasar Gede Hardjonagoro

Pasar tradisional tidak hanya menjadi tempat untuk mencari segala rupa kebutuhan sehari-hari atau sayur mayur, view namun juga menjadi bangunan ikonik sebagai tujuan wisata. Solo mempunyai banyak pasar tradisional, purchase salah satunya ada Pasar Gede.

Pasar Gede Hardjonagoro secara harafiah berarti pasar besar, no rx karena pasar ini merupakan pasar yang terbesar di kota Solo. Pasar ini selesai dibangun pada tahun 1930 oleh arsitek berkebangsaan Belanda,bernama Ir. Thomas Karsten. Namun Pasar Gede juga mengalami beberapa kali renovasi, karena pada tahun 1947 mengalami kerusakan akibat perang pada masa Agresi Militer Belanda. Dan juga pada tahun 1999, akibat konflik.

Pasar ini unik karena bangunannya merupakan perpaduan arsitektur Jawa dan Belanda, sehingga pasar ini juga merupakan tujuan wisata kota Solo. Pasar Gede terletak di pusat kota Solo, berdekatan dengan Balaikota Surakarta.

Pasar Gede juga terletak di area Pecinan, sehingga beberapa bangunan di sekitarnya merupakan bangunan khas Pecinan. Selain itu juga tampak adanya Klenteng di sebelah selatan Pasar Gede, yang bernama  Vihara Avalokitesvara Tien Kok Sie.

 

(sumber dan gambar diambil dari Wikipedia)

Alamat : Jl. Urip Sumoharjo

Rating :

Add Comment